Ini adalah situs kesehatan yang memberikan tips, trik dan solusi. Karna sehat itu mahal, salam sehat

Bahaya Minum Obat Tanpa Resep Dokter, Penyakit Makin Buruk !!


saya sering mendapatkan pasien yang datang ke saya berobat, biasanya mereka sudah bawa obat satu kresek . Ada yang radang tenggorokan, pilek, batuk.
dan mereka sudah datang ke tempat saya dan bilang seperti ini "dok, saya sudah minum antibiotik tapi tidak kunjung sembuh? "

ketika saya bertanya pada pasien tersebut "siapa yang memberikan anda antibiotik? coba konsultasi ulang pada dokter tersebut". oh tidak dok, ini saya beli sendiri di apotik.

nah dari situ saya menangkap bahwa "Di indonesia sangat mudah sekali untuk beli antibiotik tanpa harus resep dokter". seharusnya ini tidak boleh. dulu saat saya pergi ke singapure dengan kakek dan nenek saya. waktu itu saat di jalan kami singgah ke apotik di singapure terus membawa contoh antibiotik yang sudah saya  tertulis di dalam kertas sebut saja obat A.

namun perlakuan petugas apotik di luar dugaan tidak seperti di indonesia. Justru petugas tersebut memarahi kakek kami dia bilang " beli obat ini tidak sembarangan harus sesuai dengan resep dokter"
justru kakek jadi bingung di Indonesia bisa dengan bebas membeli obat apapun tanpa harus resep dokter kenapa di singapure kok tidak boleh?

terus beliau bertanya kepada saya, "ya memang seperti itu! seharusnya antibiotik diberikan ke pasien dengan resep dokter" jadi di bawah pengawasan dokter. sebenarnya ada alasan kenapa harus dari pengawasan dokter tidak seperti kita beli ke apotik atau toko terdekat minum setiap hari 2 tablet sehari atau bahkan berbulan-bulan tanpa tahu apa akibatnya.
 1. Kenapa Antibiotik harus Ada Pengawasan Dari Dokter?

Karna jika anda minum antibiotik tanpa pengawasan dari dokter anda tidak tahu adanya reaksi alergi atau tidak, jadi jika biasanya anda berobat ke dokter. Dokter akan tanya " ada alergi obat atau tidak?, ada alergi makanan atau tidak?, kalau ada obat apa? makanan apa?".

ketika anda mau konsumsi obat misalnya, tanpa ada pengawasan dokter. Mungkin bibir anda bengkak, muncul reaksi alergi gatal gatal pada kulit dan anda tidak tahu ternyata itu efek dari alergi obat dan anda teruskan akhirnya alergi tersebut bertambah parah.

2. Konsumsi Antibiotik Dengan Main-Main Tanpa pendampingan Dokter
Bahayanya usus anda akan rusak, saya pernah mendapat pasien beliau mengonsumsi obat antibiotik 4 bulan berturut-turut namun penyakitnya tak kunjung sembuh !

Terus apa yang saya lakukan pertama kali kepada pasien tersebut? Saya marahi dahulu pasien tersebut, siapa suruh kamu mengonsumsi antibiotik selama itu?

Usus manusia atau usus kita di dalamnya terdapat flora normal atau kita sering menyebutnya sebagai bakteri baik. mungkin kamu pernah belajar tentang ini di waktu SMA dulu. Jadi ketika anda  minum obat antibiotik bakteri baik yang ada di dalam usus kita akan mati.

Apa yang terjadi jika bakteri baik tersebut mati?
usus besar dapat bekerja dengan baik fungsinya, karna ada flora normal jadi jika semuanya mati. jamur akan tumbuh disana, bakteri bakteri jahat justru akan tumbuh disana. karna yang digunakan untuk melindungi usus besar anda adalah bakteri baik tadi. Yang mengakibatkan daya tahan tubuh anda akan drop.

3. Penyakit Anda Akan Semakin Memburuk
kenapa begitu. Kita beri contoh, anda sakit pilek misalnya, terus anda mengkonsumsi obat antibiotik. Tahukah anda penyebab sakit pilek 90% adalah disebabkan oleh virus ! 

justru dengan minum antibiotik memyebabkan daya tahan tubuh anda melemah karna bakteri baik pun ikut mati. sedangkan pilek yang disebabkan virus tadi tidak akan mati. Karna Antibiotik bertujuan untuk membunuh bakteri bukan virus. 

4. Risestensi atau Kebal Terhadap Antibiotik
ketika anda minum  main-main lama-lama tubuh anda akan kebal, jadi ketika minum antibiotik yang sama lagi tidak akan mumpan. Jadi semakin lama anda harus minum antibiotik yang lebih keras efeknya.

seperti anda tahu, Efek obat semakin kuat efek samping semakin kuat. Sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter anda dan jangan beli antibiotik sembarangan

pesan saya kepada anda : yang menyembuhkan diri anda bukan obat tapi tubuh anda sendiri. jika penyebabya virus anda cukup beristirahat, jangan terlalu banyak stress dan makan makanan yang bergizi daya tahan tubuh anda akan naik sendirinya. Anda punya sistem tahan tubuh yaitu sistem imune yang bisa melawan virus an bakteri tadi.

kapan antibiotik diperlukan? Konsultasi ke dokter anda, semoga informasi ini bermanfaat jangan lupa share ke teman teman supaya gak kebablasan. salam sehat luar biasa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel